Selasa, 04 November 2014

Jangan Lupakan Masalalumu

     Saat itu tahun 2003, ketika aku masih duduk dikelas dua SD Negeri (Di Gunungkidul, Jogjakarta)
Bel tanda dimulainya upacara bendera hari senin berbunyi "teng teng teng", saat itu masih berupa lonceng belum modern seperti sekarang ini.
Semua siswa mengikuti upacara bendera dg khidmat dari awal hingga akhir (jangan dicari lucunya, upacara ngga pantes buat dibercandain) :))
     Nah setelah upacara selesai biasakan rame-rame pada masuk kelas gitu, didalem kelas saat jam pelajaran bahasa Indonesia ketika guru menjelaskan keusilan cowo-cowo dimulai, ada yang sok-sok an ngirim surat ke cewe, ada yang ngintipin isi rok cewe pake kaca rautan pensil (caranya: kaca rautan ditaroh diatas sepatu lalu sepatunya diletakin dibawah rok cewe, ssstt jangan ditiru), ada yang bully-bullyan sampe dendam diluar kelas juga ada.
Saat pelajaran selesai alias ganti mata pelajaran tapi masih guru yg sama (jaman aku SD dulu, Gurunya cuman satu kecuali guru Agama, jadi sekalian guru berbagai mata pelajaran juga sekalian wali kelas, ingetkan kayak gitu?) cowo-cowo pada iseng.
Nah biasanya saat mau ganti pelajaran, gurunya pergi kekantor dulu entah ngapain. Sebagai murid cowo yang usil pada saat itu biasa lah ngintip ke kelas lain lewat lobang pintu yang hampir jebol, padahal kelas sebelah lagi pelajaran serius. Kita godain kelas sebelah (kelas4) lewat lobang pintu disuit-suitin gitu, namanya anak jaman dulu masih kreatif dan aktraktif ga seperti sekarang ini. Nah, masalahnya kelas sebelah itu terpancing juga, saat bel istirahat berbunyi kelas kita (kelas3) dilabrak ama kelas 4, mereka dateng bawa senjata, waktu itu ketapel kecil yang pelurunya pake tangkai daun singkong terus diincerin ke pantat (sakit banget kalo kena pantat) atau bagian yg lain, kita diserbu tapi kita ngga tinggal diem kita udah siapin rencana dengan mengguyur dengan air bekas cucian tangan yg biasa ditaro didepen kelas. Pertengkaran hari itu berakhir sampe disitu, hari berikutnya dateng, kelas kita (kelas3) udah siapin banyak ketapel juga dari rumah dan banyak peluru. Hari itu kita tempur dan berkelahi, dan satu-satunya kemoceng yang kita miliki diboikot sama kelas4, pertengkaran yg bermula dari iseng-iseng menjadi panas saat hilangnya kemoceng menjadi dalih dari pertengkaran tersebut. Kelas kita dilemparin pake batu, plastik botol dan lain lain kita juga tak tinggal diam kita membalasnya melemparkan penghapus kayu, kapur tulis dsb, hingga akhirnya kedua guru juga ikut-ikutan membela anak didiknya masih-masing (Pak Sutrisno wali kelas3 dan bu Latifah wali kelas4) berdalih bahwa mereka berada dipihak yang benar. Sampai berhari-hari kedua kelas itu ngga akur bahkan juga Wali kelasnya, hingga saatnya kepala sekolah turun tangan dan akhirnya kedua guru berdamai, namun tidak untuk murid-muridnya bahkan diluar sekolah masih lempar lemparan pake batu hingga salah seorang teman kami, Rahmad bocor pelipisnya.
Sampai pada suatu saat kelas kita dihukum dalam kelas, ngga boleh istirahat dari bel masuk sampe bel pulang, yang kebelet pipis ngga boleh keluar, sebagai cowo-cowo nekad kita terpaksa pipis didalem plastik, ada yang pipis dipojokan kelas. Pokoknya NGERI NGERI SEDAP lah waktu itu. Baunya ngga karuan :(
     Dan seiring berjalannya waktu akhirnya kedua kelas bedamai, kadang main dihalaman bareng, nongkrong bareng, jajan bareng. Saat itu (2003) permainan yg paling populer adalah Gobak Sodor, Jaepongan, Betengan (Anak Jogjakarta pasti tau) hehehe.
     Namun Kejadian paling heboh di Sekolah kami adalah saat ada seorang siswa yang 'mencret' (boker dalam celana) saat jam pelajaran berlangsung, menimpa anak kelas dua yang bernama Haris, saat hendak pulang sekolah baunya ga karuan, dari ujung pantat sampe kaki tahinya berceceran warna ijo kekuning-kuningan gitu. Sampai berhari-hari dia dibully semua siswa hingga hampir putus sekolah, namun setelah dibujuk ama guru BK (Bimbingan Konseling) akhirnya dia mau melanjutkan sekolah, pokoknya NGERI deh tapi ngga SEDAP kalo yang ini :D
     Saat masih SD memang masih polos banget belum terpengaruh media social dan elektronik, kalo misal suka ama cewe bisanya cuma dipendem, kadang seneng bgt walaupun hanya bisa pulang bareng dari sekolah ama doi (kayak cinta monyet gitu). Senengnya ngga terkira.
Lagu yang booming saat aku masih SD adalah lagunya Jamrud tapi aku judulnya lupa, pokoknya liriknya gini:
"Surti.. Remaja.. Anak bapak kades.. Dan si Tedjo.. Bla bla bla"
Masa SDku dulu itu adalah masa dimana kita belom tau tentang pornografi dan Seks, beda ya ama jaman sekarang ini, anak-anak SD udah ngerti tentang gituan. NGERI!!
Pada intinya masa-masa SD ku banyak ribuan cerita yang tak bisa ditukar dg apapun!!
Itu adalah masalalu yang tak seharusnya dilupakan
Pokoknya #NGERINGERISEDAP :))
                      Aku Prasetyo, Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar